Jumat, 16 Oktober 2009

Promosi Kesehatan

Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni yang membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekedar pengubahan gaya hidup saja, namun berkaitan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat.

Pengubahan gaya hidup dapat difasilitasi melalui penggabungan:

  1. menciptakan lingkungan yang mendukung
  2. mengubah perilaku
  3. meningkatkan kesadaran

Dalam Konferensi Internasional Promosi Kesehatan I yang diadakan di Ottawa, Kanada, menghasilkan sebuah kesepakatan yang dikenal sebagai Piagam Ottawa. Dalam piagam ini tertera strategi dalam meningkatkan kontrol masyarakat terhadap kesehatan diri mereka sendiri.

10 Kiat Hidup Sehat

Hidup yang multikompleks dewasa ini membuat kita bisa terlanda ”penyakit” aneh yang sulit diatasi, baik oleh kekebalan tubuh sendiri maupun obat-obatan. Bagaimana kiatnya agar kita tetap sehat tanpa harus sering berobat. Sudah bukan rahasia lagi bahwa tubuh kita mempunyai sistem kekebalan yang mampu melindungi badan dari serangan penyakit. Itu kalau sistemnya bekerja! Kadang- kadang suka ngadat. Kalau sudah begitu, ya apa boleh buat! Kita terpaksa berobat. Namun, niscaya juga tidak ada salahnya, mencoba berbagai kiat hidup mencegah penyakit tanpa tergantung pada obat-obatan. Di mana-mana, mencegah sebelum terjadi itu lebih baik daripada mengobati yang sudah telanjur marak.

Berikut 10 tips yang dapat dipakai untuk hidup sehat:

1. Kenali Diri Anda, Baik Fisik Maupun Kejiwaan

2. Tidak Terburu-buru Merasa Sakit

3. Mengusahakan Variasi Makanan Sehari-hari

4. Menyesuaikan Konsumsi dengan Tingkatan Umur

5. Berolahraga Secara Teratur Sesuai Kemampuan

6. Selalu Menjaga Kebersihan

7. Meluangkan Waktu untuk Bersantai

8. Back to Nature (kembali ke alam)

9. Mengolah Pernapasan

10. Menggemari Bacaan Kesehatan

Jangan takut untuk mengambil suatu langkah besar bila memang itu diperlukan. Anda takkan bisa meloncati sebuah jurang dengan dua lompatan kecil saja.

Untuk itu, jagalah kesehatan, karena sehat itu penting.

So,, mencegah lebih baik daripada mengobati.

'N',, sehat itu indah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar